Widih! Elon Musk Bakal Bangun Kotanya Sendiri, Namanya Starbase

~ Mungkin Elon Musk juga akan membentuk ABSS: Angkatan Bersenjata Starbase

Sebagai salah satu orang tertajir di dunia, Elon Musk tak mau menyia-nyiakan duit yang dia punya. Selain ingin bertualang ke luar angkasa, bos Tesla tersebut rupa-rupanya masih betah tinggal di bumi. Elon Musk kini berencana bangun kota sendiri yang bakal diberi nama Starbase.

Kota baru tersebut kemungkinan berdiri di sekitar pabrik perusahaan eksplorasi luar angkasa miliknya, SpaceX, di kawasan Boca Chica, Cameron County, Texas selatan. “Creating the city of Starbase, Texas,” cuit Musk di Twitter, Rabu, 3 Maret 2021.

Kemudian, dia menyinggung proyeknya untuk menjelajahi Planet Merah, mengisyaratkan kalau Starbase hanyalah permulaan untuk melangkah lebih jauh ke angkasa. “From thence to Mars, and hence the Stars.”

Musk mengatakan kota miliknya itu akan menempati area yang “jauh lebih besar” daripada Boca Chica, tempat peluncuran dan pembuatan roket Starship selama ini.

Boca Chica sebuah desa tak berhubungan di ujung selatan negara bagian Texas, dekat Brownsville. Kawasan ini hancur akibat badai pada 1967. Walaupun memiliki listrik, sistem air minum tidak pernah diperbaiki di beberapa rumah dan tempat bisnis.

Sebelum SpaceX pindah ke kawasan itu pada 2014 dan membangun fasilitas di sana, populasi penduduk tetapnya hanya enam orang.

Eddie Treviño, Jr, hakim untuk Cameron County membenarkan rencana Elon Musk bangun kota sendiri. “Dalam beberapa hari terakhir, Cameron County secara resmi didekati oleh SpaceX terkait minat Elon Musk untuk memasukkan Desa Boca Chica ke Kota Starbase, Texas. Sebelumnya hari ini Pengadilan Komisaris Cameron County diberitahu tentang upaya SpaceX,” ujarnya seperti dikutip dari Insider.

Baca Juga: Bill Gates Ungkap Alasan Tak Tertarik Pergi ke Mars Seperti Elon Musk

Namun, karena Starbase belum ada, Treviño mengingatkan Musk dan perusahaannya harus membuat permintaan resmi. “Jika SpaceX dan Elon Musk ingin menempuh jalan ini, mereka harus mematuhi semua undang-undang penggabungan negara bagian. Cameron County akan memproses petisi yang sesuai dengan hukum yang berlaku.”

Belum ada tanggapan dari SpaceX terkait hal itu. Musk juga tidak menjelaskan siapa yang akan menjadi wali kota atau bupati Starbase nanti.

Desember tahun lalu, Musk mengonfirmasi akan pindah dari California ke Texas. Dia bertekad menjadikan Texas sebagai basis operasi utamanya. Pada saat yang sama, miliarder 49 tahun itu melelang semua propertinya di Los Angeles untuk mendanai proyek kolonisasi Mars di Boca Chica.

Selain pusat peluncuran di Boca Chica, SpaceX memiliki fasilitas uji roket di kota McGregor dan berencana membangun pabrik di Austin. Kedua kota ini juga berada di Texas. Sebelumnya pada Juli 2020, Musk mengumumkan Tesla Gigafactory berikutnya akan dibangun di luar Austin.

Sebuah dokumen rancangan Federal Aviation Administration atau FAA—lembaga regulator penerbangan sipil di Amerika Serikat—yang bocor Januari lalu mengungkapkan rencana SpaceX mengebor “hingga lima sumur gas alam” dan membangun pembangkit listrik berbahan bakar gas di fasilitas Boca Chica.

Musk yang dikenal sebagai pencibir industri minyak dan sangat condong pada energi terbarukan, kemungkinan akan membuat bahan bakar sendiri untuk roket-roketnya dari gas alam tersebut.

Dokumen FAA menyebutkan, fasilitas SpaceX akan disuplai oleh lima sumur gas itu bersama dua pembangkit listrik tenaga gas. Gas yang dimurnikan dari sumur akan dipompa ke peralatan pendingin yang mengubahnya menjadi metana cair. Metana dapat digabungkan dengan oksigen cair dan senyawa lain untuk membuat bahan bakar roket.

Terkini

Detektor Nuklir Ungkap Populasi Rahasia Paus Biru Kerdil di Samudra Hindia

Paus biru kerdil memiliki lima hotspot populasi di Samudra Hindia. Yang terbesar ada di dekat Kepulauan Chagos, 500 kilometer dari Maladewa.

Klaim Misi Mars Berhasil, China Rilis Empat Foto Terbaru Planet Merah

Badan Antariksa Nasional China Zhang Kejian mengatakan perilisan foto-foto terbaru untuk menunjukkan misi Mars pertama negara itu sukses.

El Salvador Jadi Negara Pertama yang Legalkan Bitcoin

Keputusan El Salvador mengadopsi Bitcoin datang beberapa hari setelah El Salvador membentuk kemitraan dengan perusahaan Strike.

Peneliti Temukan Australotitan Cooperensis, Spesies Baru Dinosaurus Terbesar di Dunia

Ahli paleontologi Australia akhirnya mengidentifikasi spesies dinosaurus baru yang ditemukan di benua itu adalah sauropoda leher panjang.

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here