Amazing! Pesawat Angkasa UEA Abadikan Foto Pertama Planet Mars

BNOW ~ Foto pertama Mars berhasil diabadikan oleh pesawat luar angkasa Al Amal milik Uni Emirat Arab atau UEA. Gambar bersejarah pertama penampakan berwarna “Planet Merah”.

“Foto pertama Mars [yang] ditangkap oleh wahana Arab, pertama dalam sejarah,” cuit perdana menteri UEA dan penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum, saat membagikan foto tersebut di Twitter.

Terlihat sebagian permukaan Mars menguning, dan sebagian lagi menghitam, dalam gambar yang diambil dengan kamera Emirates eXploration Imager atau EXI. Di dekat area abu-abu tampak gunung berapi terbesar di tata surya, Olympus Mons, yang dijepret di bawah sinar matahari pagi.

Sementara tiga gunung berapi lainnya di kawasan Montes Tharsis, tampak menyilaukan di bawah langit yang sebagian besar bebas debu.

Badan Antariksa UEA mengatakan gambar diambil dari ketinggian 24.700 kilometer di atas permukaan planet pada Rabu lalu, sehari setelah Al Amal memasuki orbit Mars.

Putra Mahkota UEA Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan menuliskan di Twitter, foto pertama Mars merupakan momen menentukan dalam sejarah negaranya. “Dan menandai UEA bergabung dengan negara-negara maju yang terlibat dalam eksplorasi ruang angkasa.”

Zayed juga berharap misi itu akan mengarah pada penemuan-penemuan baru tentang Mars yang bermanfaat bagi umat manusia.

Pesawat Ruang Angkasa Al Amal.
Pesawat Ruang Angkasa Al [email protected]

Negara Arab Pertama

UEA kini menjadi negara kelima di dunia dan negara Arab pertama yang tiba di planet berjuluk Planet Merah tersebut. Misi Al Amal atau Hope dirancang untuk mengungkap rahasia cuaca di Mars.

Misi itu diharapkan menjadi inspirasi kaum muda di kawasan Arab, sekaligus menandai peringatan 50 tahun penyatuan tujuh negara emirat.

Al Amal menjadi pesawat ruang angkasa pertama yang tiba di Mars bulan ini. China dan Amerika Serikat meluncurkan misi serupa pada Juli dengan memanfaatkan periode ketika Bumi dan Mars berada dalam posisi terdekat.

Al Amal dijadwalkan mengorbit di Planet Merah setidaknya selama satu tahun Mars atau 687 hari. Berbekal tiga instrumen ilmiah seperti kamera EXI, spektrometer ultraviolet dan inframerah, Al Amal diharapkan mendapatkan gambaran utuh atmosfer Mars.

Pengamatan mendetail akan memungkinkan para peneliti menentukan partikel lepas dari gravitasi Mars dan mengungkap mekanisme sirkulasi global di atmosfer lebih rendah. Al Amal diharapkan mengirimkan lebih banyak informasi ke Bumi mulai September 2021.

Terkini

Kasus Covid 19 di China Diduga Menyebar Sejak Awal Oktober

Para peneliti di Universitas Kent Inggris menduga virus yang menyebabkan penyakit covid 19 mulai menyebar di China sejak awal Oktober 2019.

Taliban Ambil Alih Wilayah Terpenting Afghanistan

Lusinan distrik jatuh ke tangan Taliban sejak 1 Mei ketika Amerika Serikat dan NATO menarik mundur pasukan terakhir mereka dari Afghanistan.

Inggris Tetapkan Jumlah Penonton Final Euro 2020 di Stadion Wembley

Keputusan penambahan kapasitas penonton di Wembley keluar setelah Perdana Menteri Italia meminta pertandingan final Euro 2020 dipindahkan.

Hacker Korea Utara Diduga Serang Institut Nuklir Korea Selatan

Sebelum menyerang KAERI, kelompok hacker Korea Utara Kimsuky diduga telah memasang malware dalam database dokumen Covid-19 Korea Selatan.

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here