Tiru Indonesia, Selandia Baru Gratiskan Vaksin Corona

BNOW ~ Selandia Baru akhirnya mengikuti jejak Indonesia. Tetangga Australia itu memutuskan untuk menggratiskan vaksin corona bagi warganya.

Langkah itu diumumkan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern sehari setelah Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan akan menggratiskan vaksin covid-19 bagi seluruh warga masyarakat.

“Hari ini dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk seluruh warga masyarakat adalah GRATIS. Dan saya akan menjadi yang pertama menerima vaksin. Tidak ada alasan masyarakat tidak mendapatkan atau meragukan keamanan vaksin,” tulis Joko Widodo di akun Twitternya @jokowi, Rabu, 16 Desember 2020.

Namun, selain untuk warganya, Selandia Baru berencana memberikan vaksin gratis kepada penduduk di negara-negara tetangga seperti Tokelau, Kepulauan Cook, Niue, Samoa, Tonga, dan Tuvalu, jika mereka menginginkannya.

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan rencana itu akan menjadi ajang imunisasi terbesar di negara Kiwi tersebut.

“Belum pernah sebelumnya seluruh dunia berusaha memvaksinasi seluruh penduduk pada saat yang sama,” ujar Ardern dalam konferensi pers, Kamis, 17 Desember 2020.

Selandia Baru membeli dua jenis vaksin covid-19 dari perusahaan farmasi AstraZeneca dan Novavax untuk memvaksinasi 5 juta penduduk.

Vaksin yang dipesan dari AstraZeneca berjumlah 7,6 juta dosis, cukup untuk 3,8 juta orang. Sedangkan dari Novavax 10,72 juta dosis cukup, untuk 5,36 juta orang. Butuh dua dosis dari setiap vaksin untuk disuntikkan.

“Pendekatan kami memungkinkan beberapa vaksin lebih cocok untuk kelompok populasi tertentu atau untuk penyebaran di daerah yang berbeda.”

Selain Universitas Oxford-AstraZeneca dan Novavax, Selandia Baru juga membeli vaksin dari Pfizer-BioNTech dan Janssen Pharmaceutica. Vaksinasi akan dimulai awal tahun depan bila vaksin terbukti aman dan efektif.

Australia juga berencana melakukan hal yang sama. Kedua negara ini akan bekerja sama mendukung vaksinasi di seluruh kawasan Pasifik.

Selandia Baru telah menjaga penyebaran virus corona secara ketat dengan menutup perbatasannya, sebuah pilihan yang menghancurkan industri pariwisatanya.

Negara yang Gratiskan Vaksin

Selain Indonesia dan Selandia Baru, Amerika Serikat juga akan menggratiskan vaksin corona. Beberapa pekan sebelumnya, Jepang memutuskan hal sama untuk 126 juta penduduknya, berdasarkan undang-undang yang disahkan pada Rabu, 2 Desember.

Sejauh ini, negara-negara yang berjanji akan memberikan vaksin gratis covid-19 adalah Prancis, Norwegia, India, Kanada, Maroko, Mesir, Bangladesh, Singapura, Malaysia, dan Australia.

Terkini

Kasus Covid 19 di China Diduga Menyebar Sejak Awal Oktober

Para peneliti di Universitas Kent Inggris menduga virus yang menyebabkan penyakit covid 19 mulai menyebar di China sejak awal Oktober 2019.

Taliban Ambil Alih Wilayah Terpenting Afghanistan

Lusinan distrik jatuh ke tangan Taliban sejak 1 Mei ketika Amerika Serikat dan NATO menarik mundur pasukan terakhir mereka dari Afghanistan.

Inggris Tetapkan Jumlah Penonton Final Euro 2020 di Stadion Wembley

Keputusan penambahan kapasitas penonton di Wembley keluar setelah Perdana Menteri Italia meminta pertandingan final Euro 2020 dipindahkan.

Hacker Korea Utara Diduga Serang Institut Nuklir Korea Selatan

Sebelum menyerang KAERI, kelompok hacker Korea Utara Kimsuky diduga telah memasang malware dalam database dokumen Covid-19 Korea Selatan.

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here