Emma Coronel Aispuro, Istri Bos Kartel Narkoba ‘El Chapo’ Ditangkap di Amerika

BNOW ~ Emma Coronel Aispuro, istri bos kartel narkoba Meksiko, Joaquin “El Chapo” Guzman Loera, ditangkap di Virginia, Amerika Serikat, Senin, 22 Februari 2021. Wanita cantik berusia 31 tahun itu dituduh membantu suaminya menjalankan kartel perdagangan narkoba saat El Chapo mendekam di balik jeruji besi.

Departemen kehakiman Amerika Serikat mengatakan Coronel—yang memiliki kewarganegaraan ganda Amerika-Meksiko—ditangkap di bandara internasional Dulles, Virginia Utara.

Istri bos geng Kartel Sinaloa tersebut didakwa berkonspirasi mendistribusikan kokain, metamfetamin, heroin, dan mariyuana ke Amerika. Dia juga dituduh membantu mengatur pelarian spektakuler suaminya melalui terowongan sepanjang satu mil dari penjara Altiplano dengan keamanan tinggi di Meksiko, Juli 2015.

Tak hanya itu, Coronel juga diduga terlibat dalam pelarian kedua El Chapo pada 2016. Menurut pengadilan, Coronel bekerja sama dengan anak El Chapo untuk mengatur rencana pelarian. Di antaranya, membeli sebidang tanah dekat penjara, senjata api, truk lapis baja, dan menyelundupkan arloji GPS kepada El Chapo untuk memastikan terowongan pelarian mencapai sel bos kartel tersebut.

El Chapo diekstradisi ke Amerika Serikat pada Januari 2017. Pria 63 tahun tersebut diadili di pengadilan Brooklyn, New York. Selama persidangan suaminya, Coronel hadir ke pengadilan setiap hari.

Sebelum El Chapo dijatuhi hukuman, Coronel mengatakan kepada wartawan bahwa Guzman pria “rendah hati”. Coronel juga mengeluh kalau media telah membuat El Chapo “terlalu terkenal”.

El Chapo saat diekstradisi ke Amerika Serikat,
El Chapo saat diekstradisi ke Amerika Serikat.@people.com

El Chapo divonis hukuman seumur hidup ditambah 30 tahun penjara dalam persidangan pada 2019. Setelah itu “bos narco” tersebut dikirim ke ADX Florence di Colorado, sebuah penjara dengan keamanan super maksimum “paling aman” di Amerika.

Coronel dijadwalkan tampil di pengadilan federal pada hari Selasa melalui konferensi video. Pengacara Coronel, Jeffrey Lichtman menolak berkomentar.

Investigasi terhadap Coronel ditangani Biro Investigasi Federal atau FBI, bukan oleh Drug Enforcement Administration atau DEA. Tidak jelas mengapa dia berada di wilayah Washington saat penangkapannya.

Mantan Ratu Kecantikan dari Keluarga Mafia Narkoba

Emma Coronel Aispuro mantan ratu kecantikan di masa remajanya, yang besar dari keluarga kartel narkoba Sinaloa. Coronel lahir di Santa Clara, California. Ayahnya, Ines Coronel Barreras, seorang “letnan tingkat menengah” di kartel Sinaloa, yang dipenjara pada 2017.

Coronel dibesarkan di pegunungan Durango, bagian dari “Segitiga Emas” Sierra Madre. Dia bertemu Guzman di sebuah festival lokal. Kala itu, Coronel berusia 17 dan Guzmán 51 tahun. Pasangan ini menjadi berita utama di Meksiko setelah menikah di gereja pedesaan Durango pada 2007. Kala itu, Guzman sedang buron.

Seperti kebanyakan “bos narco” yang sudah tua, El Chapo tidak menonjolkan diri meskipun dia terkenal dengan kejahatannya. Berbeda dengan Coronel yang menjadi sensasi media karena gaya busana ketika menghadiri persidangan El Chapo di New York.

Memanfaatkan ketenaran mendadak itu, Coronel mencari sorotan. Dia meluncurkan merek pakaian yang dihiasi dengan wajah berkumis El Chapo.

Bahkan, istri bos kartel narkoba Meksiko itu berusaha memantapkan diri sebagai influencer media sosial melalui Instagram. Dia bahkan sempat muncul di televisi dalam sebuah reality show yang mengupas tentang keluarga mafia.

Terkini

Krisis Krimea: Rusia Sebut Amerika Serikat Sebagai Musuh

Krisis Krimea awalnya hanya masalah domestik Ukraina. Namun pada perkembangannya melibatkan negara-negara Uni Eropa dan Rusia.

“Film Dokumenter Seaspiracy Memuat Fakta Penting Sekaligus Menyesatkan”

Stewart menilai perlu dibuat film dokumenter "tandingan" untuk menanggapi Seaspiracy. Dia mencontohkan End of the Line yang diproduksi pada 2009.

Kota Kuno Berusia 3.000 Tahun Ditemukan di Mesir

Ahli sejarah Mesir Kuno Zahi Hawaass menyebut Aten sebagai "kota emas yang hilang" tertimbun pasir ribuan tahun lamanya.

Foto Bangunan Putih di Tengah Hutan Ternyata bukan Rumah Vladimir Putin

Foto berlabel "Rumah Putin" di Sochi, Rusia, beredar luas dan dipercaya netizen sebagai rumah milik Presiden Rusia Vladimir Putin.

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here