Korea Utara Absen dari Olimpiade Tokyo, Ini Sebabnya

BNOW ~ Korea Utara memutuskan absen dari Olmpiade Tokyo. Kementerian Olahraga Korea Utara dalam situsnya mengatakan Komite Olimpiade Nasional mengeluarkan keputusan itu pada 25 Maret lalu. Disebutkan, Korea Utara tidak akan berpartisipasi dalam olimpiade untuk melindungi atlet dari “krisis kesehatan masyarakat dunia yang disebabkan Covid-19.”

Keputusan ini menjadikan Korea Utara menjadi negara pertama yang keluar dari Olimpiade Tokyo karena kekhawatiran virus corona. Langkah Korea Utara menyiratkan tantangan yang dihadapi Jepang sebagai tuan rumah yang berjuang menggelar kompetisi olahraga global di tengah amuk pandemi.

Olimpiade Tokyo sedianya digelar tahun lalu. Akibat pandemi, jadwal digeser menjadi 23 Juli hingga 8 Agustus 2021. Penyelenggara akan menerapkan tindakan pencegahan virus, seperti melarang penonton dari luar negara dan memastikan keselamatan atlet.

Namun, tetap ada kekhawatiran Olimpiade Tokyo dapat memperburuk penyebaran virus dan meningkatnya beban kasus di Jepang. Selain itu, upaya vaksinasi yang lambat telah menimbulkan keraguan publik apakah Olimpiade harus diadakan atau tidak.

Komite Olimpiade Jepang mengatakan Korea Utara belum memberi tahu mereka tentang keputusan tidak akan berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo. Katsunobu Kato, kepala sekretaris kabinet Jepang, mengatakan pada Selasa, 6 April 2021, pemerintah berharap banyak negara akan bergabung dalam olimpiade dan ia menjanjikan tindakan pencegahan virus secara terukur.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan menyesalkan keputusan Korea Utara. Mereka awalnya berharap Olimpiade Tokyo memberikan kesempatan meningkatkan hubungan Korea Utara dan Korea Selatan. Hubungan kedua negara kini menurun di tengah kebuntuan negosiasi nuklir antara Washington dan Pyongyang.

Korea Utara mengirim 22 atlet ke Olimpiade Musim Dingin 2018 di Korea Selatan. Ikut juga pejabat pemerintah, artis pertunjukan, jurnalis, dan kelompok pendukung wanita yang semuanya berjumlah 230 orang.

Di Pyeongchang Games, atlet Korea Utara dan Selatan bersama-sama berbaris di bawah peta biru yang melambangkan Semenanjung Korea bersatu. Sementara pemandu sorak berpakaian merah Korea Utara memikat perhatian dunia.

Baca Juga: PBB Tuduh Korea Utara Curi Uang Kripto untuk Danai Proyek Nuklir

Kedua negara juga menurunkan tim olimpiade gabungan pertama dari cabang hoki es putri. Tim ini mendapat dukungan penuh penonton meskipun kalah dalam lima pertandingan dengan skor gabungan 28-2.

Ajang itu juga sarat politik. Kim Yo Jong, adik perempuan Kim Jong Un yang ikut dalam delegasi sempat menyampaikan keinginan kakaknya bertemu Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Pertemuan terjadi beberapa bulan setelahnya ketika Jae-in terbang ke Pyongyang menemui Jong Un. Namun sejak itu upaya diplomatik pupus di tengah jalan dan keputusan Korea Utara tidak ikut Olimpiade Tokyo semakin menambah kebuntuan.

Korea Utara mengklaim negaranya bebas corona, tapi banyak pihak ragu karena infrastruktur kesehatan Korea Utara sangat buruk. Ditambah lagi, perbatasan langsung dengan China sebagai tetangga tempat Korea Utara bergantung masalah ekonominya selama ini.

Terkini

Rudal Israel Menyasar Warga Sipil, Membunuh Anak-anak Gaza

Militer Israel mengatakan serangan udara ke Gaza pada Jumat naas itu dilakukan sebelum fajar oleh 160 pesawat tempur yang membawa 450 rudal.

Mantan Ratu Kecantikan Myanmar Angkat Senjata Melawan Rezim Junta

Mantan ratu kecantikan Myanmar, Htar Htet Htet, angkat senjata melawan rezim junta militer. Dia bergabung dengan kelompok pro-demokrasi.

Lebih dari 30 Gajah Afrika Mati Secara Misterius di Botswana

Menteri Lingkungan Hidup Botswana Philda Kereng mengatakan gajah Afrika yang mati secara misterius itu disebabkan oleh racun cyanobacteria.

Hamas Tembakkan Ratusan Roket ke Tel Aviv Setelah Kantornya Runtuh Diserang Israel

Akibat serangan roket Hamas, sebuah pipa perusahaan energi milik Israel hancur. Video menunjukkan kobaran api mengepul di selatan Tel Aviv.

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here