Delapan Lokasi Penampakan UFO, Satu Ada di Asia

Bagi para penggemar alien, keberadaan Unidentified Flying Object atau UFO dan penampakan benda-benda langit misterius lainnya, selalu “menggairahkan” untuk dibahas. Mereka memandang piring terbang itu ada karena beberapa kali “penampakannya” tertangkap kamera atau mata telanjang. Bahkan, ada yang mengklaim diculik alien. Ngeri-ngeri sedap.

Sebaliknya, tak sedikit orang yang menganggap alien, UFO, dan sebangsanya hanyalah bagian dari teori konspirasi belaka. Tidak layak dipercaya, hanya cocok dijadikan bahan gibah saat ngupi. Dan setelah itu dilupakan.

Tapi, percaya tidak percaya, tiga mantan presiden Amerika Serikat pernah berkomentar tentang UFO dengan nada percaya. Donald Trump, yang disebut Arnold Schwarzenegger sebagai presiden terburuk dalam sejarah Amerika, pada Juni 2019 mengatakan sedang mengawasi makhluk luar angkasa. Komentar Trump itu menanggapi laporan pilot angkatan laut yang hampir setiap hari pada 2014 dan 2015 melihat UFO di lepas pantai timur negara itu. “Orang-orang mengatakan mereka melihat UFO. Apakah saya percaya? Tidak terlalu.”

Berbeda dengan Barack Obama yang secara lugas menyatakan UFO itu ada setelah melihat rekamannya. “Kita tidak tahu persis itu apa. Kita tidak bisa menjelaskan bagaimana mereka bergerak. Mereka tidak memiliki pola yang mudah dijelaskan. Jadi saya pikir orang masih menganggap serius, mencoba menyelidiki dan mencari tahu apa itu.”

Dari ketiganya, Bill Clinton tampaknya menaruh minat lebih pada UFO. Selama menjabat presiden sejak 1993 hingga 2001, Clinton benar-benar ingin tahu apa yang diketahui pemerintah Amerika Serikat tentang UFO. Pada 2014 ia mengatakan memiliki pembantu yang mencari Area 51 untuk memastikan tidak ada alien di sana. Dia berjanji akan memberi tahu publik jika menemukan sesuatu. “Jika kami dikunjungi [alien] suatu hari nanti, saya tidak akan terkejut.”

Baca Juga: Rashford dan Obama Diskusi Lewat Zoom, Bahas Apa ya?

Meskipun belum ada kesimpulan pasti, ada beberapa tempat di dunia ini yang diklaim para penggemar alien sebagai lokasi ditemukannya jejak-jejak “makhluk” luar angkasa tersebut. Mulai dari di Rumania, Australia, hingga China, satu-satunya tempat di Asia yang mempunyai teleskop radio besar untuk mendengarkan komunikasi antargalaksi. Kalau mau tahu, berikut delapan lokasi penampakan UFO tersebut:

1. Taman Alam Bucegi, Rumania

Di sini terdapat batu besar tinggi menyerupai Sphink, patung singa berkepala manusia di Mesir. Banyak legenda mencoba menjelaskan asal-usulnya. Beberapa mengatakan batu itu diukir sebagai dewa di zaman kuno, yang lain menyatakan itu terbentuk secara alami oleh angin. Dan beberapa mengklaim alien menggunakan lokasi itu karena merupakan pusat sumber energi bumi yang kuat.

Taman Alam Bucegi, Rumania
Taman Alam Bucegi. Foto: Getty

2. Molebka, Rusia

Kawasan yang juga dikenal sebagai segitiga-M dan Area 51-nya Rusia ini salah satu lokasi penampakan UFO. Pada bentangan hutan yang misterius dan terisolasi itu, banyak orang melaporkan jam tangan mereka berhenti. Di “zona anomali” itu, ada juga yang mendengar suara terburu-buru yang aneh, melihat lampu tak dikenal, dan bahkan melihat alien yang sebenarnya.

Lokasi Penampakan UFO
Zona Anomali Molebka. Foto: Getty

3. Guizhou, China

Teleskop radio terbesar di dunia dengan piringan selebar 500 meter yang dibangun di perbukitan Guizhou, katanya dipakai untuk mendengarkan komunikasi dari luar angkasa. Sejak selesai dibangun pada 2016, penggemar alien telah menunggu dengan penuh semangat untuk melihat apa yang dapat dideteksi satelit “mata langit” tersebut.

Lokasi Penampakan UFO
Teleskop radio di Guizhou. Foto: Xinhua

4. Area 51, Nevada

Terisolasi di Danau Groom, Amerika Serikat, mungkin ini tempat paling terkenal yang terkait UFO dan kehidupan luar bumi. Fasilitas militer di area itu telah memicu banyak teori konspirasi karena kerahasiaannya. Area 51 dikabarkan menampung kapal alien yang jatuh beserta jenazah penumpangnya, bahkan teknologi alien lainnya.

Lokasi Penampakan UFO
Area 51. Foto: Getty

Baca Juga: Arnold Schwarzenegger: Donald Trump Presiden Terburuk Amerika Serikat

5. Gurun Mojave, California

Ada batu besar berdiri bebas di tengah gurun ini yang sejak dulu menjadi lokasi konferensi peminat UFO. Pada 1950-an, seorang penggemar UFO tinggal di sebuah rumah bekas tambang di bawah batu. Dia mengaku mendengar komunikasi alien dari antena di atas batu. Bahkan dia ikut memasuki pesawat ruang angkasa.

Delapan Lokasi Penampakan UFO
Batu besar di Gurun Mojave. Foto: Getty

6. San Clemente, Chili

Dianggap sebagai ibu kota UFO tak resmi di dunia. Para peneliti mengatakan ratusan penampakan UFO dilaporkan di lokasi tersebut. Setidaknya, sepekan sekali tampak UFO. Begitu populernya area tersebut sehingga kementerian pariwisata Chili membuat jalur UFO resmi pada 2008.

Lokasi Penampakan UFO
Jalur UFO San Clemente. Foto: Getty

7. Hutan Rendlesham, Inggris

Empat puluh tahun lalu, pria di hutan terpencil itu mengaku menyaksikan UFO saat mendarat di tempat terbuka. Untuk mengenang peristiwa aneh tersebut, hutan di wilayah Suffolk itu sekarang memiliki jalur UFO yang dapat digunakan oleh publik untuk mengikuti jejak pria yang pertama kali melihat penampakan piring terbang.

Jalur UFO di Hutan Rendlesham. Foto: Getty

8. Wycliffe Well, Davenport

Wycliffe Well dikenal sebagai “Ibu kota UFO Australia”. Soalnya, selama beberapa dekade ada penampakan UFO di sana. Untuk mengingatnya, kota itu dihiasi dengan tema alien dan kehidupan luar angkasa. Pompa bensin hingga restoran memajang dekorasi dan patung-patung alien. Sepintas, bak taman hiburan alien yang ditinggalkan.

Manekin alien di ibu kota tak resmi UFO
Manekin alien di Wycliffe Well. Foto: Getty

Terkini

Detektor Nuklir Ungkap Populasi Rahasia Paus Biru Kerdil di Samudra Hindia

Paus biru kerdil memiliki lima hotspot populasi di Samudra Hindia. Yang terbesar ada di dekat Kepulauan Chagos, 500 kilometer dari Maladewa.

Klaim Misi Mars Berhasil, China Rilis Empat Foto Terbaru Planet Merah

Badan Antariksa Nasional China Zhang Kejian mengatakan perilisan foto-foto terbaru untuk menunjukkan misi Mars pertama negara itu sukses.

El Salvador Jadi Negara Pertama yang Legalkan Bitcoin

Keputusan El Salvador mengadopsi Bitcoin datang beberapa hari setelah El Salvador membentuk kemitraan dengan perusahaan Strike.

Peneliti Temukan Australotitan Cooperensis, Spesies Baru Dinosaurus Terbesar di Dunia

Ahli paleontologi Australia akhirnya mengidentifikasi spesies dinosaurus baru yang ditemukan di benua itu adalah sauropoda leher panjang.

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here