Klaim Misi Mars Berhasil, China Rilis Empat Foto Terbaru Planet Merah

BNOW ~ Setelah merilis gambar pertama Planet Merah akhir Mei lalu, China kembali merilis empat foto tambahan untuk membuktikan robot penjelajah mereka, Zhu Rong berhasil mendarat dalam misi penyelidikan Mars.

Empat foto yang dirilis Badan Antariksa Nasional China itu diposting di media sosial WeChat. Foto-foto itu memperlihatkan pemandangan di lokasi pendaratan, platform pendaratan, tanah, serta panorama lainnya di Mars.

Lokasi pendaratan sebagian besar datar, dengan batu-batu kecil dan lubang bundar di dekatnya. Sementara pemandangan panorama yang membentang ke cakrawala Mars, menunjukkan beberapa bukit pasir.

Sebuah kamera terpisah yang ditanam di permukaan Mars, merekam penampakan rover Zhu Rong dan platform pendaratan. Kamera itu juga merekam pergerakan rover dekat spanduk yang memperlihatkan Bing Dwen Dwen dan Shuey Rhon Rhon, dua maskot Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Foto-foto itu dikirim kembali ke Bumi memakai gelombang radio melalui pengorbit. Direktur Administrasi Badan Antariksa Nasional China Zhang Kejian mengatakan perilisan foto-foto terbaru untuk menunjukkan misi Mars pertama negara itu sukses. “China akan merilis data ilmiah pada waktu yang tepat. Sehingga seluruh umat manusia dapat berbagi pencapaian pembangunan kedirgantaraan China,” ujar Kejian seperti dikutip dari SCMP.

Baca Juga: Amazing! Pesawat Angkasa UEA Abadikan Foto Pertama Planet Mars

Zhu Rong—yang namanya diambil dari mitos dewa api dan perang dalam cerita kuno Tiongkok—mendarat di Mars pada 15 Mei, setelah menempuh perjalanan hampir 10 bulan. Robot penjelajah ini mengorbit bersama pesawat ruang angkasa Tianwen-1 sejak bulan Februari.

Tianwen-1 merupakan misi penyelidikan Mars pertama China yang diluncurkan Juli 2020 dengan membawa robot pengorbit, pendarat, dan penjelajah. Tianwen-1 mencapai Mars dan mulai mengorbit pada Februari lalu.

misi china ke mars
Foto pertama permukaan Mars yang diambil Zhu Rong pada Mei 2021. Foto: CNSA

Beberapa tahun terakhir, China membuat gebrakan ke ruang angkasa dengan meluncurkan satelit kuantum pertama di dunia. Selain itu, China melakukan sebuah pendaratan mulus di sisi jauh bulan dan membawa sampelnya kembali ke Bumi menggunakan misi robotik murni. China juga mulai membangun stasiun luar angkasanya sendiri.

Keberhasilan China mendarat di Mars menjadikannya negara ketiga yang berhasil landing di Mars. Sebelumnya, hanya Amerika Serikat dan Uni Soviet yang berhasil melakukan pendaratan lunak di Planet Merah, yang berjarak 319 juta kilometer dari Bumi.

Terkini

Kasus Covid 19 di China Diduga Menyebar Sejak Awal Oktober

Para peneliti di Universitas Kent Inggris menduga virus yang menyebabkan penyakit covid 19 mulai menyebar di China sejak awal Oktober 2019.

Taliban Ambil Alih Wilayah Terpenting Afghanistan

Lusinan distrik jatuh ke tangan Taliban sejak 1 Mei ketika Amerika Serikat dan NATO menarik mundur pasukan terakhir mereka dari Afghanistan.

Inggris Tetapkan Jumlah Penonton Final Euro 2020 di Stadion Wembley

Keputusan penambahan kapasitas penonton di Wembley keluar setelah Perdana Menteri Italia meminta pertandingan final Euro 2020 dipindahkan.

Hacker Korea Utara Diduga Serang Institut Nuklir Korea Selatan

Sebelum menyerang KAERI, kelompok hacker Korea Utara Kimsuky diduga telah memasang malware dalam database dokumen Covid-19 Korea Selatan.

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here