Klaim Misi Mars Berhasil, China Rilis Empat Foto Terbaru Planet Merah

BNOW ~ Setelah merilis gambar pertama Planet Merah akhir Mei lalu, China kembali merilis empat foto tambahan untuk membuktikan robot penjelajah mereka, Zhu Rong berhasil mendarat dalam misi penyelidikan Mars.

Empat foto yang dirilis Badan Antariksa Nasional China itu diposting di media sosial WeChat. Foto-foto itu memperlihatkan pemandangan di lokasi pendaratan, platform pendaratan, tanah, serta panorama lainnya di Mars.

Lokasi pendaratan sebagian besar datar, dengan batu-batu kecil dan lubang bundar di dekatnya. Sementara pemandangan panorama yang membentang ke cakrawala Mars, menunjukkan beberapa bukit pasir.

Sebuah kamera terpisah yang ditanam di permukaan Mars, merekam penampakan rover Zhu Rong dan platform pendaratan. Kamera itu juga merekam pergerakan rover dekat spanduk yang memperlihatkan Bing Dwen Dwen dan Shuey Rhon Rhon, dua maskot Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Foto-foto itu dikirim kembali ke Bumi memakai gelombang radio melalui pengorbit. Direktur Administrasi Badan Antariksa Nasional China Zhang Kejian mengatakan perilisan foto-foto terbaru untuk menunjukkan misi Mars pertama negara itu sukses. “China akan merilis data ilmiah pada waktu yang tepat. Sehingga seluruh umat manusia dapat berbagi pencapaian pembangunan kedirgantaraan China,” ujar Kejian seperti dikutip dari SCMP.

Baca Juga: Amazing! Pesawat Angkasa UEA Abadikan Foto Pertama Planet Mars

Zhu Rong—yang namanya diambil dari mitos dewa api dan perang dalam cerita kuno Tiongkok—mendarat di Mars pada 15 Mei, setelah menempuh perjalanan hampir 10 bulan. Robot penjelajah ini mengorbit bersama pesawat ruang angkasa Tianwen-1 sejak bulan Februari.

Tianwen-1 merupakan misi penyelidikan Mars pertama China yang diluncurkan Juli 2020 dengan membawa robot pengorbit, pendarat, dan penjelajah. Tianwen-1 mencapai Mars dan mulai mengorbit pada Februari lalu.

misi china ke mars
Foto pertama permukaan Mars yang diambil Zhu Rong pada Mei 2021. Foto: CNSA

Beberapa tahun terakhir, China membuat gebrakan ke ruang angkasa dengan meluncurkan satelit kuantum pertama di dunia. Selain itu, China melakukan sebuah pendaratan mulus di sisi jauh bulan dan membawa sampelnya kembali ke Bumi menggunakan misi robotik murni. China juga mulai membangun stasiun luar angkasanya sendiri.

Keberhasilan China mendarat di Mars menjadikannya negara ketiga yang berhasil landing di Mars. Sebelumnya, hanya Amerika Serikat dan Uni Soviet yang berhasil melakukan pendaratan lunak di Planet Merah, yang berjarak 319 juta kilometer dari Bumi.

Terkini

Detektor Nuklir Ungkap Populasi Rahasia Paus Biru Kerdil di Samudra Hindia

Paus biru kerdil memiliki lima hotspot populasi di Samudra Hindia. Yang terbesar ada di dekat Kepulauan Chagos, 500 kilometer dari Maladewa.

Klaim Misi Mars Berhasil, China Rilis Empat Foto Terbaru Planet Merah

Badan Antariksa Nasional China Zhang Kejian mengatakan perilisan foto-foto terbaru untuk menunjukkan misi Mars pertama negara itu sukses.

El Salvador Jadi Negara Pertama yang Legalkan Bitcoin

Keputusan El Salvador mengadopsi Bitcoin datang beberapa hari setelah El Salvador membentuk kemitraan dengan perusahaan Strike.

Peneliti Temukan Australotitan Cooperensis, Spesies Baru Dinosaurus Terbesar di Dunia

Ahli paleontologi Australia akhirnya mengidentifikasi spesies dinosaurus baru yang ditemukan di benua itu adalah sauropoda leher panjang.

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here