California Kekeringan, Nestlé Diperintahkan Stop Sedot Air Sungai

BNOW ~ Badan Pengendalian Sumber Daya Air California memerintahkan Nestlé berhenti menyedot air dari sungai di Hutan San Bernardino yang terletak di negara bagian tersebut. Perusahaan makanan dan minuman terbesar dunia asal Swiss yang menjual air minum kemasan dengan merek Arrrowhead, itu diminta menghentikan penyedotan air karena kekeringan parah melanda California.

Surat pemberitahuan perintah tersebut telah dikirim ke Nestlé Jumat pekan lalu. “Kami memiliki jumlah air yang terbatas. Saat menghadapi tahun kemarau kedua berturut-turut, penting bagi kami untuk menggunakan kewenangan kami dalam melindungi lingkungan dan pasokan air ke kota,” ujar Jule Rizzardo, Asisten Wakil Direktur Divisi Hak Air.

Dokumen perintah penghentian belum final karena masih memerlukan persetujuan dari Dewan Pengendalian Sumber Daya Air California.

Perintah terhadap Nestlé mewarnai perkembangan terbaru dalam sengketa berlarut-larut antara perusahaan air kemasan tersebut dengan pemerhati lingkungan setempat. Selama bertahun-tahun, aktivis lingkungan California menuduh Nestlé menguras persediaan air dengan mengorbankan komunitas dan ekosistem lokal.

Baca Juga: Ikea Beli Hutan Seluas 4 Ribu Hektare

Dilansir The Guardian, Nestlé telah menyatakan hak mereka atas mata air California dimulai sejak 1865. Tetapi investigasi Badan Pengendalian Sumber Daya Air Negara pada 2017 menemukan Nestlé mengambil jauh lebih banyak daripada haknya. Tahun lalu, perusahaan mengambil air sekitar 58 juta galon, jauh melampaui jatah 2,3 juta galon per tahun.

Menurut Story of Stuff Project—kelompok lingkungan yang berjuang menghentikan operasi perusahaan air kemasan di California selama bertahun-tahun—Nestlé menyedot air rata-rata 25 kali lebih dari jatah yang diberikan.

Selama ini Nestlé menyedot air di Strawberry Creek, anak sungai Santa Ana, sungai terbesar di California Selatan yang berhulu di Pergunungan San Bernardino dan mengalir hingga Laut Pasifik. Strawberry Creek menyediakan pasokan air minum yang dikonsumsi sekitar 750 ribu penduduk. Daerah aliran sungai di kawasan itu juga menjadi habitat rusa, rubah, singa gunung, dan ular cambuk Alameda yang terancam punah.

Perintah terhadap Nestlé datang dua bulan setelah perusahaan menjual merek air kemasan yang berbasis di Amerika Serikat dan Kanada ke perusahaan ekuitas One Rock Capital Partners dan Metropoulos seharga USD 4,3 miliar.

Sebelum dijual, Nestlé Waters North America adalah perusahaan air minum kemasan terbesar di Amerika Serikat. Selain Arrrowhead, Nestlé juga menjual merek air minum kemasan dengan merek Poland Spring dan Zephyrhills. Perusahaan membayar dinas kehutanan biaya izin sebesar USD 2.100 per tahun, tetapi memompa air secara gratis.

Nestlé Waters North America, yang telah diganti namanya menjadi BlueTriton Brands, memiliki waktu 20 hari untuk mengajukan banding atas perintah tersebut dan meminta sidang. Seorang juru bicara perusahaan mengatakan penilaian bahwa mereka hanya berhak mengambil air seluas 7,26 hektare per tahun adalah keliru.

Baca Juga: Tebang Pohon di Arab Saudi Bisa Dipenjara dan Didenda Ratusan Miliar

Kejadian di California mencerminkan pertarungan serupa di Oregon, Pennsylvania, Maine, dan Michigan. Di seluruh Amerika, para konservasionis menuduh Nestlé memanfaatkan dana lobi yang besar untuk membujuk pejabat lokal dan federal sesuai keinginannya.

“Hutan yang dikeringkan Nestlé adalah hutan kami yang didukung oleh setiap pembayar pajak Amerika,” ujar aktivis Amanda Frye. Dia memberikan dokumen dan penelitian kepada pejabat negara untuk menunjukkan kalau Nestlé tidak memiliki hak atas air di California.

Frye, yang telah memprotes pemompaan Nestlé dari Strawberry Creek selama bertahun-tahun, mengatakan perintah itu penting. “Tapi jalan kita masih panjang dalam melindungi hutan dari penyedotan air yang berlebihan.”

Menurut Frye, pengambilan air oleh perusahaan telah mengeringkan Strawberry Creek. “Ini ekosistem yang sangat indah, dan terancam dua kali lipat karena perubahan iklim. Saya berharap jika Nestlé berhenti mengambil air, lingkungan bisa pulih.”

Beberapa pejabat mengatakan Dewan Air Negara Bagian California tidak dapat dengan mudah menantang hak Nestlé atas air sungai yang ditetapkan sebelum 1914. Jika Dewan menyetujui perintah terhadap BlueTriton, perusahaan akan menerima denda jika kekeringan diumumkan di daerah tersebut. Jumlah denda berkisar antara USD 1.000 hingga 10 ribu per hari.

Sebagian besar wilayah Amerika Serikat bagian barat kini menghadapi kondisi kekeringan yang ekstrem. Di California, pertikaian yang telah berlangsung lama antara petani, pemerintah kota, dan kelompok lingkungan karena langkanya persediaan air, sekarang semakin memanas.

Gubernur California Gavin Newsom telah mengumumkan keadaan darurat kekeringan regional di dua daerah. Musim dingin yang kering menyebabkan waduk utama California hanya berisi air dengan kapasitas setengah atau lebih rendah.

Terkini

Rudal Israel Menyasar Warga Sipil, Membunuh Anak-anak Gaza

Militer Israel mengatakan serangan udara ke Gaza pada Jumat naas itu dilakukan sebelum fajar oleh 160 pesawat tempur yang membawa 450 rudal.

Mantan Ratu Kecantikan Myanmar Angkat Senjata Melawan Rezim Junta

Mantan ratu kecantikan Myanmar, Htar Htet Htet, angkat senjata melawan rezim junta militer. Dia bergabung dengan kelompok pro-demokrasi.

Lebih dari 30 Gajah Afrika Mati Secara Misterius di Botswana

Menteri Lingkungan Hidup Botswana Philda Kereng mengatakan gajah Afrika yang mati secara misterius itu disebabkan oleh racun cyanobacteria.

Hamas Tembakkan Ratusan Roket ke Tel Aviv Setelah Kantornya Runtuh Diserang Israel

Akibat serangan roket Hamas, sebuah pipa perusahaan energi milik Israel hancur. Video menunjukkan kobaran api mengepul di selatan Tel Aviv.

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here