Posum Terkecil Dunia Ditemukan di Australia

BNOW ~ Seekor posum terkecil di dunia ditemukan di Kangaroo Island, selatan Australia. Possum kerdil kecil, atau bernama latin Cercartetus lepidus itu beratnya cuma 7 gram.

Ahli ekologi fauna Pat Hodgens mengatakan penemuan tersebut sangat menarik karena terjadi setelah setahun kebakaran parah melanda pulau dan beberapa kawasan lain di Australia.

Ada kekhawatiran spesies tersebut telah musnah akibat kebakaran. Menurut catatan resmi, kata Hodgens, di Kangaroo Island hanya ada 113 ekor posum jenis tersebut.

“Kebakaran semak musim panas membakar sebagian besar habitat yang dimiliki spesies itu. Tapi kami tentu berharap bisa menemukannya.”

Posum kerdil kecil itu, kata Hodgens, spesies yang sulit ditemukan dan dipelajari  mengingat ukurannya yang mungil.

Selain di Kangaroo Island, Cercartetus lepidus ditemukan di Australia tenggara, mulai dari padang rumput mallee di Victoria hingga hutan Tasmania.

Meskipun memiliki ekor yang dapat memegang dan merupakan pemanjat yang sangat baik, hewan ini biasanya hidup dekat tanah dan menjauh dari cabang-cabang pohon yang lebih tinggi.

Di daratan utama Australia dan Kangaroo Island, posum kecil itu ditemukan mulai dari hutan terbuka rendah hingga dataran tinggi.

Panjang kepala dan badan posum terkecil dunia itu berkisar antara 50-65 milimeter. Sedangkan panjang ekor berkisar antara 60-75 milimeter.

Ditemukan di Barat Pulau

Kelompok konservasi Kangaroo Island Land for Wildlife menemukan hewan marsupial (berkantung) nan mungil itu awal pekan lalu di sebelah barat pulau.

Hodgens mengatakan kelompok tersebut sedang menyelesaikan survei hutan ekstensif untuk mencari tahu spesies apa yang tersisa.

“Ini sangat penting sekarang karena [pulau] ini seperti tempat perlindungan terakhir bagi banyak spesies, yang benar-benar bergantung pada vegetasi lama yang tidak terbakar,” ujarnya.

Lebih dari 20 spesies satwa liar dan asli Australia lainnya ditemukan. Termasuk kodok Bibron, Bandicoot coklat selatan, dan Walabi Tammar.

Namun, masih ada kekhawatiran karena beberapa spesies langka lainnya belum terlihat, seperti tikus rawa.

“Kami tidak tahu banyak tentang spesies itu karena cukup langka di sekitar pulau dan juga cukup rentan terhadap peristiwa kebakaran hutan.”

Rumah Hewan Khas Australia

Kangaroo Island pulau terbesar ketiga di Australia setelah Tasmania dan Melville. Letaknya di Australia selatan, 112 kilometer barat daya Adelaide.

Pulau itu terkenal sebagai rumah dari sejumlah hewan-hewan khas Australia. Di sana ada beberapa cagar alam untuk melindungi sisa-sisa vegetasi alami dan hewan asli. Salah satu yang terkenal dan terbesar adalah Taman Nasional Flinders Chase.

Setelah kebakaran hutan, muncul kekhawatiran tentang bagaimana Kangaroo Island akan pulih kembali menjadi pusat pariwisata alam liar. Bersamaan dengan penemuan posum terkecil dan puluhan spesies lainnya, para ahli percaya Kangaroo Island bakal bangkit kembali.

Terkini

Kasus Covid 19 di China Diduga Menyebar Sejak Awal Oktober

Para peneliti di Universitas Kent Inggris menduga virus yang menyebabkan penyakit covid 19 mulai menyebar di China sejak awal Oktober 2019.

Taliban Ambil Alih Wilayah Terpenting Afghanistan

Lusinan distrik jatuh ke tangan Taliban sejak 1 Mei ketika Amerika Serikat dan NATO menarik mundur pasukan terakhir mereka dari Afghanistan.

Inggris Tetapkan Jumlah Penonton Final Euro 2020 di Stadion Wembley

Keputusan penambahan kapasitas penonton di Wembley keluar setelah Perdana Menteri Italia meminta pertandingan final Euro 2020 dipindahkan.

Hacker Korea Utara Diduga Serang Institut Nuklir Korea Selatan

Sebelum menyerang KAERI, kelompok hacker Korea Utara Kimsuky diduga telah memasang malware dalam database dokumen Covid-19 Korea Selatan.

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here