Selamat Jalan Irrfan Khan, Anak Tukang Ban dari Jaipur

Dia mulai mendapat perhatian setelah menjadi pemeran utama dalam The Warrior (2001) sebagai Lafcadia.

Bintang Bollywood yang telah merambah ke Hollywood ini meninggal dunia pada usia 53 tahun, di rumahnya di Mumbai, India, Rabu, 29 April 2020.

Dia meninggalkan seorang istri, Sutapa Sikdar, dan dua putra mereka, Babil dan Ayan.

Irrfan Khan divonis menderita kanker. Sebelum meninggal ia dirawat di rumah sakit Mumbai karena infeksi usus besar pada pekan lalu.

Pria bernama lengkap Sahabzade Irrfan Ali Khan ini lahir di Jaipur, ibu kota negara bagian Rajasthan pada 7 Januari 1967.

Irrfan memulai kariernya dengan memainkan peran-peran kecil di televisi India pada 1980-an.

Mulanya dalam serial televisi Shrikant (1985), yang diadopsi dari novel Srikanta (Srikanto) yang ditulis Sarat Chandra Chattopadhyaya, novelis Bengali.

Serial ini tayang pada 1985–1986 di Doordarshan, televisi milik pemerintah India. Irrfan berperan sebagai seorang suami yang meninggalkan istrinya.

Lalu pada film, dia memulai debut saat bermain dalam Salaam Bombay (1988), sebagai penulis surat. Film yang disutradarai Mira Nair ini berkisah tentang kehidupan sehari-hari anak-anak jalanan Bombay.

Mira adalah sutradara dan aktris India yang tinggal di New York. Film-filmnya banyak mengambil yang dekat dengan realita sosial di India.

Salaam Bombay mendapatkan banyak anugerah dari beberapa festival tapi Irrfan belum terlalu dikenal saat itu.

Dia mulai mendapat perhatian setelah menjadi pemeran utama dalam The Warrior (2001) sebagai Lafcadia, seorang pejuang dari tanah feodal Rajasthan.

Di Bollywood, Irrfan membintangi banyak film seperti Haasil (2003), Maqbool (2004), Paan Singh Tomar (2011), Piku (2015), Talvar (2015), The Lunchbox (2013), dan Hindi Medium (2017).

Aktor Bollywood cum Hollywood

Kisah suksesnya di Hollywood dimulai sesudah ia membintangi film garapan Mira, The Namesake (2006). Film ini berkisah tentang imigran India di Amerika.

Terkini

Kasus Covid 19 di China Diduga Menyebar Sejak Awal Oktober

Para peneliti di Universitas Kent Inggris menduga virus yang menyebabkan penyakit covid 19 mulai menyebar di China sejak awal Oktober 2019.

Taliban Ambil Alih Wilayah Terpenting Afghanistan

Lusinan distrik jatuh ke tangan Taliban sejak 1 Mei ketika Amerika Serikat dan NATO menarik mundur pasukan terakhir mereka dari Afghanistan.

Inggris Tetapkan Jumlah Penonton Final Euro 2020 di Stadion Wembley

Keputusan penambahan kapasitas penonton di Wembley keluar setelah Perdana Menteri Italia meminta pertandingan final Euro 2020 dipindahkan.

Hacker Korea Utara Diduga Serang Institut Nuklir Korea Selatan

Sebelum menyerang KAERI, kelompok hacker Korea Utara Kimsuky diduga telah memasang malware dalam database dokumen Covid-19 Korea Selatan.

Related articles

3 Comments

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here