Sistem Operasi Android 12 Bocor ke Publik, Begini Penampakannya

BNOW ~ Tampilan yang diduga wajah teranyar sistem operasi Android 12 bocor ke publik. Dalam gambar-gambar yang beredar terlihat Google tampaknya merombak user interface atau UI utama sistem dan menyematkan warna berbeda pada Android 12.

Mengutip Xda Developers, transparansi di tampilan panel notifikasi kini hilang dan diganti dengan latar belakang warna krem ​​terang buram.

Namun, warna ini mungkin tergantung pada tema yang digunakan pengguna atau pengaktifan mode gelap terang.

Perbedaan lainnya, jarak pemisah antar notifikasi masih ada tapi sudut membulat dari setiap notifikasi sekarang lebih terasa.

Selain itu, jumlah ikon pada ‘Pengaturan Cepat’ yang ditampilkan saat panel notifikasi diperluas, dikurangi dari 6 menjadi 4. Hal ini sepertinya membuat ukuran setiap ikon menjadi lebih besar.

Tampilan kamera di Android 12
Tampilan kamera di Android 12

Di Android 11, posisi jam berada di sudut kiri atas layar dan memisah dari panel notifikasi. Sementara di Android 12, posisi tanggal dan jam ditukar dan keduanya menyatu dalam panel.

Sementara indikator di pojok kanan atas kini berganti mikrofon dan kamera. Posisinya sejajar dengan tanggal, menggeser ikon WiFi, seluler, baterai, dan indikator lainnya.

Indikator mikrofon dan kamera kemungkinan fitur privasi baru di Android 12. Pengguna nanti akan menerima peringatan berupa indikator status bar setiap kali ada aplikasi yang menggunakan kamera atau mikrofon.

Jika indikator itu diketuk akan tampil pop-up di bagian atas layar yang memberi tahu pengguna aplikasi mana yang menggunakan kamera atau mikrofon.

Google telah menguji chip privasi ini selama lebih dari dua tahun. Sebuah hal yang bagus jika akhirnya muncul di Android 12.

Widget ‘Percakapan’

Perubahan lain yang diduga dihadirkan Google di Android 12 ada di pengaturan widget. Ada widget ‘percakapan’—yang diduga baru di Android 12—untuk menampilkan pesan terbaru, panggilan tak terjawab, atau status aktivitas.

Widget yang ditampilkan berukuran kecil dengan sudut sangat membulat. Dan tampaknya hanya cukup besar untuk mengakomodasi tampilan satu pesan, panggilan, atau status pada satu waktu.

Tampilan Widget Percakapan Android 12
Tampilan Widget Percakapan Android 12

Diduga, Google bakal menjadikan widget ‘percakapan’ itu sebagai fitur wajib untuk semua perangkat Android 12. Widget ini menyediakan akses ke ‘pintasan orang’ yang berisi avatar, nama, konten notifikasi, dan informasi status, semuanya diatur di bagian PeopleManager.

Google direncanakan merilis sistem operasi Android 12 akhir tahun ini, tepatnya September nanti. Sebelumnya, Google membagikan dokumentasi dan kode sumber dengan mitra utamanya untuk memberi mereka waktu mempersiapkan rilis utama Android 12.

Sejauh ini belum ada komentar Google terhadap bocoran tersebut. Apakah ada benarnya atau berbeda sama sekali dengan versi final yang dirilis nanti?

Terkini

Al-Shabaab Serbu Penjara Somalia, 7 Tentara Tewas

Para militan ini telah berperang melawan pemerintah Somalia dan pasukan misi penjaga perdamaian Afrika selama lebih dari satu dekade.

Widih! Elon Musk Bakal Bangun Kotanya Sendiri, Namanya Starbase

Belum ada tanggapan dari SpaceX terkait hal itu. Musk juga tidak menjelaskan siapa yang akan menjadi wali kota atau bupati Starbase nanti.

Jeh Hai, Gegara Clubhouse Xiaomi Rombak Ulang MiTalk, Twitter Rilis Spaces

Bentar lagi, WhatsApp bikin 'Wazaphouse', Facebook buat 'Bookhouse'

TikTok Hapus 3 Juta Video dari Penggunanya di Indonesia

TikTok menolak lebih dari 3,5 juta iklan karena melanggar kebijakan dan pedoman periklanan perusahaan. Salah satunya, iklan politik berbayar.

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here